Padamu, Yang Akan Datang Nanti


Padamu, yang akan datang nanti. 

Karena kusebut itu nanti, maka sebenarnya aku tak tahu siapa dirimu. Hanya saja kini, aku telah belajar dari berbagai kesalahanku dalam menjalani cinta. Sudah berbagai cerita yang jadi saksiku tuk mengerti apa itu bahagia, apa itu cita, hingga apa itu derita dan apa itu luka.

Maka sudahlah. Kiranya cukup dengan tak menaruh berbagai ekspektasi pada dirimu, sudah membuatku terbiasa dengan pengenalan rasa yang sederhana. Bertemu saja denganmu, itu sudah merupakan takdir yang kurasa pasti terbaik. Entah apalagi cerita yang akan tersaji, aku sudah siap untuk membuka hati. Setidaknya aku sudah akrab dengan cerita yang tak terduga pada akhirnya.

Andaikan kau baca tulisanku ini sebelum nanti bertemu, ada satu hal yang patut kau pahami tentang diriku. Aku hanya merasa bahwa sebenarnya sosok yang datang dan pergi menghiasi hati ini hendaknya telah memberi pelajaran berarti. Intermezzo yang kulakukan berulang-ulang, mengatakan bahwa sebenarnya yang patut kuperbaiki adalah diriku sendiri. Kugaris bawahi, bahwa cerita cinta gagalku tempo hari ada pada diriku yang belum siap untuk berusaha sekaligus menerima apa adanya pada siapapun sosok yang kupilih untuk dicinta.

Hingga, pada sosok-sosok yang berlalu itu pula telah kupatri memori dan cerita. Ada yang pergi dengan sukarela, ada yang pergi dengan duka cita. Maka, bila nanti engkau datang, maka tak usah risau kiranya untuk bersama mengurai kisah. Semakin kita pahami makna cinta sejati itu seperti apa seiring dengan perjalanannya, entah bila nanti takdirnya beriringan atau justru bersilangan. Sosokmu kah yang nanti kucintai? Terlalu dini. Tapi jangan ragu tuk dijalani.

Jadi, yang kunanti untuk datang nanti ada pada diriku dengan kedewasaan yang baru, begitupun engkau yang akan menawarkan cerita baru. Bila telah sampai waktunya maka datanglah, karena sudah sekian lama aku menunggu. Tak usah sungkan, tak usah ragu. Hatiku yang baru telah siap kembali mengharu biru…

For everyone who’ll come next...


Baca juga: